Email:
sam@indonesiamenyelam.com
Hubungi Kami:
08121910231

Manta Ray

Manta Ray

Manta Ray

Ikan Pari Manta adalah jenis spesies pari yangpaling besar, yang memiliki banyak common name seperti Devil ray, blanketfish,prince alfred ray,dan giant manta. Ikan ini sering disebut Plampangan di daerahpulau Jawa. Sebelumnya para ahli membedakan ikan pari manta ini menjadi tigaspesies yaitu Manta birostris (pari manta Atlantik), Manta hamiltoni (parimanta Pasifik), dan Manta raya (pari manta Pangeran Alfred), namun setelahdilakukan riset secara genetik, dihasilkan kesamaan gen, dan Manta birostrisditetapkan menjadi nama ilmiah dari ikan pari manta.

Manta birostris masuk kategori Near threatened (dekat dengan ancaman) olehIUCN. Meskipun jumlahnya di dunia masih tergolong banyak, tetapi trend saat iniyang menunjukkan ikan pari manta banyak diburu untuk diambil bagian tubuhnyasebagai bahan obat dan lain-lain, sehingga ditakutkan akan mengancam keberadaanikan pari manta ini.


Habitat ikan
pari manta berada di lautan tropis di seluruh dunia,antara 35 derajat lintang utara hingga 35 derajat lintang selatan, di mana padaarea tersebut suhu perairan tergolong hangat. Ikan pari manta tergolong kedalam ikan epipelagik (0-120m) dan dapat hebatnya ikan pari bisa hidup sampaiusia 20 tahun.


Anatomi Ikan Pari Manta

Ikan pari manta memiliki tubuh yang pipih,sirip dada lebar (sayap), 5 pasang celah insang di bagian bawah dan ekor keciltidak bersengat. Lebar sayap ikan pari manta mencapai 7 meter sehingga dapatdisebut sebagai ikan pari terbesar, dan mempunyai bobot mencapai 3 ton. Mantabergerak memakai sirip dada, dengan cara mengombakkannya dari bagian dekatkepala hingga ke belakang tubuh. Ciri khas manta adalah sepasang"tanduk" (sirip sefala) di dekat mulutnya yang berguna untuk membantumemasukan makanan ke dalam mulutnya. Kulitnya dilapisi lendir yang lebih tebal dan ukuran otak lebih besar dibanding ikanpari yang lain.

img-1479104944.jpg

Keistimewaan ikan Pari

Pari manta cenderung memiliki pergerakan yangtenang dan gemulai, sehingga sangat disukai para penyelam. Menyukai perairanhangat dan kaya plankton dan kadang terlihat di area cleaning station disekitar terumbu karang. Manta tidak menunjukkan tanda-tanda berkelompok(soliter) dan bersimbiosis dengan ikan remora. Manta merupakan filter feederdan pemburu pasif, yaitu mancari mangsa hanya dengan memanfaatkan arus danmembuka mulutnya serta memanfaatkan sepasang sirip sefala-nya untuk membantumengarahkan makanannya ke dalam mulutnya. Perilaku lain yang seringkali mencuriperhatian manusia adalah sering melompat dari air, diduga manta melakukannyauntuk:
1. Melarikan diri dari pemangsa
2. Melepas parasit
3. Berkomunikasi
4.
Pamer kekuatan pada lawan jenis

Reproduksi Ikan Pari Manta

Mantamelakukan reproduksi secara seksual, di mana pada musim kawin (diperkirakan November Januari), sejumlah besar manta berkumpul untuk mencari pasangan kawin.Biasanya 25 jantan banding 1 betina. Manta jantan yang berhasil mendapatkanmanta betina akan berpegangan pada sirip pasangannya menggunakan giginya danmerapatkan perutnya, lalu memulai perkawinan dengan cara memasukkan alatkelaminnya ke dalam lubang kelamin betina. Perkawinan berlangsung selama kuranglebih 90 detik. Manta termasuk Ovovivipar.

- Dapat mengandung 2 bayi sekaligus
- Masa mengandung telur-menetas-melahirkan 9-12 bulan


Parameter Oseanografi

Parameteroseanografi sangat berpengaruh pada pola hidup Manta birostris. Beberapa faktoryang sangat berpengaruh adalah:

1. Arus = Ikan manta birostris menyukai perairan yang memiliki arus karenainibermanfaat untuk sirkulasi air yang kaya akan oksigen untuk pernafasannya.

2. Intensitas cahaya = Ikan manta sangat senang dengan cahaya yang bagus untukplankton sebagai makanan dari manta

3. Temperatus Perairan = Ikan manta senang di perairan hangat sekitar 26-29derajat celsius (karena makanan melimpah).


Pola Migrasi Ikan Manta

Sampai saat ini belumdapat dipastikan pola migrasi ikan pari manta secara global. Menurut MatthewWitt, ilmuwan Environment and Sustainability Institute, University of Exeter(2012), Manta birostris bermigrasi sejauh 1100 km (selama periode pengamatan).Pari manta menghabiskan sebagian besar waktunya mengitari wilayah pesisir kayazooplankton dan telur ikan dan banyak menghabiskan waktu di perairan berjaraksekitar 3,2 kilometer dari pantai.

img-1479104959.jpg

Admin Kamis, 06 Oktober 2016 Tips

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar